Star Glam Cirebon :

Beredar Usulan Pemekaran Provinsi Jawa Barat Menjadi Tiga Provinsi, Salah satunya Provinsi Cirebon

#

(sumber: google image)

Adanya wacana pemekaran provinsi kian ramai menjadi perbincangan, hal ini juga berkaitan dengan Provinsi Jawa Barat disebut-sebut wilayah ini akan dibagi menjadi tiga provinsi.

Pemekaran tersebut mencangkup daerah otonom baru seperti Provinsi Cirebon, Bogor Raya hingga Jawa Barat yang menjadi pemekaran provinsi.

Namun wacana ini masih sebatas usulan, entah dari mana munculnya wacana pemekaran provinsi yang belakangan ini menjadi perbincangan serta kajian para akademisi ataupun pengamat kebijakan.

Cirebon merupakan salah satu pemekaran di Jawa Barat, nantinya di Provinsi Cirebon terdapat Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kuningan, Indramayu, dan Majalengka, dengan Ibu Kota Cirebon.

Kemudian Bogor Raya atau pakuan yang mencakup wilayah Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Depok, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Cianjur.

Untuk jawa Barat sendiri memiliki hampir 50 juta jiwa yang idealnya memiliki 40 kabupaten/kota.

Untuk wilayah yang tidak disebutkan akan tetap sebagai Provinsi Jawa Barat. Maka pemekaran di Jawa Barat akan menghasilkan tiga provinsi.

Sementara Provinsi Cirebon akan berbatasan dengan wilayah Provinsi Banyumasan, provinsi ini memiliki wilayah Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Purwokerto, Banjarnegara, Banyumas, Cilacap, Purbalingga, dan Kebumen.

Jika wacana ini menjadi kenyataan maka Indonesia akan memiliki 30 DOB Provinsi baru dan 9 diantarnta di Pulau Jawa.

Daerah lain yang mengalami pemekaran adalah Provinsi Banten Raya mencakup daerah seperti Tangerang Utara yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Tangerang. Kemudian ada juga Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Tengah, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Mengenai wacana pemekaran ini belum masuk dalam pembahasan di pemerintah, terlebih masih diberlakukan moratorium, adapun yang baru masuk dalam pembahasan sebagaimana yang diusulkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat terdapat tiga DOB yaitu Kabupaten Indramayu Barat, Kabupaten Cianjur Selatan, Kabupaten Tasikmalaya Selatan, dan Kabupaten Garut Utara.

Dengan demikian total CDPON yang diusulkan Jabar sejak tahun 2020 ada delapan daerah, yaitu Kabupaten Bogor Barat, Kabupaten Sukabumi Utara, Kabupaten Garut Selatan, Kabupaten Bogor Timur, Kabupaten Indramayu Barat, Kabupaten Cianjur Selatan.

COMMENTS: (0)

Post You May Like