Star Glam Cirebon :

Penyebab Lutut Sakit Saat Ditekuk dan Lakukan Cara Ini Untuk Mengobatinya

#

(ilustrasi cedera lutut/pixabay)

Diantara anda pasti pernah mengalami lutut sakit saat ditekuk, yang pasti jangan sampai dibiarkan, karena lutut memiliki peranan penting dalam mendukung aktivitas harian, mulai dari berdiri, berjalan, hingga berlari. Jika saat ditekuk tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari anda.

Maka dari itu anda perlu mengenali apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengobatinya. Sebenarnya ada beragam kondisi yang bisa menyebabkan lutut sakit saat ditekuk, salah satunya yaitu Bursitis, yaitu peradangan pada bursa yang merupakan kantong berisi cairan pelumas sendi. Kondisi ini bisa muncul kapan saja dan secara tiba-tiba.

Selain itu ada beragam penyebab lutut sakit saat ditekuk, hal ini juga bisa disebabkan oleh beberaa kondisi, diantaranya:

-          Cedera

-          Robekan meniskus (lapisan tulang rawan yang berfungsi untuk melindungi dan menstabilkan persendian lutut)

-          Sindrom nyeri (kondisi saat anda merasakan nyeri pada bagian tulang lutut)

-          Pengapuran sendi/osteoarthritis

(sumber: Ketut Subiyanto/Pexels)

Maka ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi Lutut yang sakit pada saat ditekuk, secara umum, pengobatan lutut sakit saat ditekuk harus disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya. Yang pasti cara ini bisa anda coba sebagai penanganan awal.

-          Istirahatkan lutut anda, sementara waktu hentikan semua aktivitas yang membuat lutut anda makin sakit ketika ditekuk, selain itu hindari aktivitas yang menambah beban di lutut.

-          Kompres air dingin, cara ini bisa meredakan nyeri pada lutut, anda bisa mengompres area lutut yang sakit selama 15-20 menit dan ulangi setiap beberapa jam sekali.

-          Berikan sedikit tekanan, ini upaya mencegah terjadinya pembengkakan, anda bisa memberikan sedikit tekanan dengan melilitkan perban elastis (jangan terlalu kencang) pada bagian lutut yang terasa sakit.

-          Angkat lutut yang terasa sakit, ini juga bisa dilakukan untuk meredakan pembengkakan pada bagian tersebut. teknik ini dapat dilakukan dengan cara berbaring dan memosisikan lutut di atas bantal sehingga lebih tinggi dari dada anda.

-          Konsumsi obat pereda nyeri, salah satu obat pereda nyeri yakni paracetamol.

Jika anda sudah melakukan cara diatas, namun keluhan tetap atau ada, dan sakit lutut yang anda alami semakin berat, maka segera konsultasikan diri anda ke dokter atau dokter ortopedi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

COMMENTS: (0)

Post You May Like