Star Glam Cirebon :

Tips Menjaga Dan Meningkatkan Kesehatan Paru-paru, Pasca Berhenti Merokok

#

Source: Anna Shvets/Pexels

Bagi perokok aktif nampaknya butuh perjuangan besar agar segera berhenti merokok, termasuk dilakukan secara bertahap sampai benar-benar yakin untuk berhenti merokok. Ini juga merupakan hal yang baik terutama dalam menjaga kesehatan tubuh anda.

Pasca berhenti merokok anda juga mempunyai keinginan dalam membersihkan paru-paru, kita tahu bahwa orang yang sering merokok memiliki dampak besar terhadap kesehatan paru-paru, maka diperlukan upaya dalam membersihkan paru-paru agar sehat secara maksimal. Salah satu langkah pertama serta yang harus anda yakini yakni dengan tidak kembali merokok.

Paru-paru sebetulnya mempunyai kemampuan untuk membersihkan diri, setelah berhenti merokok, paru-paru akan mulai memulihkan diri dan beregenerasi secara perlahan. Untuk berapa lama proses penyembuhan nya hal ini disesuaikan dengan berapa lama anda merokok sebelumnya dan seberapa banyak kerusakan yang ditimbulkan,

Akan tetapi jaringan parut atau kerusakan paru-paru yang disebabkan merokok selama bertahun-tahun belum ada cara untuk dapat memulihkan nya. Namun anda bisa mencegah kerusakan lebih lanjut, dan lebih penting lagi dapat meningkatkan kesehatan paru-paru.

Yang pertama adalah Batuk tentu hal ini merupakan proses alamiah, apalagi seorang perokok kemungkinan besar memiliki banyak lendir di paru-parunya. Penumpukan ini mungkin akan tetap ada setelah orang tersebut berhenti merokok. Dengan batuk bekerja dengan proses membantu tubuh membuang lendir berlebih, membuka saluran uda yang lebih kecil, dan membukanya untuk mendapatkan oksigen.

Terdapat juga beberapa tahapan bagi penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), untuk membantu dalam membersihkan paru-paru. PPOK sendiri merupakan kondisi yang sebagian besarnya disebabkan oleh kebiasaan merokok atau menghirup rokok dalam jangka panjang.

Tahapan-tahapan yang nantinya bisa anda lakukan, diantaranya:

-          Duduk di kursi dengan bahu yang rileks dan kedua kaki berada di lantai.

-          Lipat lengan di atas perut.

-          Tarik napas perlahan melalui hidung.

-          Secara perlahan buang napas sambil mencondongkan tubuh ke depan dan mendorong dengan lengan ke perut.

-          Batuk 2-3 kali sambil mengembuskan nafas dengan mulut sedikit terbuka.

-          Tarik nafas secara perlahan melalui hidung.

-          Istirahat sejenak dan ulangi tahapan tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Berhenti merokok tentu diperlukan tekad yang besar, anda juga bisa mengalihkan dengan mengisi berbagai kegiatan yang positif serta memperhatikan lingkungan, termasuk menghindari menjadi perokok pasif yang dampaknya lebih buruk dibandingkan perokok aktif.

COMMENTS: (0)

Post You May Like