Star Glam Cirebon :

Apakah Curhat Membantu Menjaga Kesehatan ? Ini Jawaban Langsung Dari Pakar Psikolog

#


Dalam kehidupan tak terlepas dari masalah yang dialami oleh setiap orang. Mulai dari masalah percintaan, pekerjaan, keluarga, dan masalah lainnya yang juga sering kita dengar dari sahabat atau teman kita.

Istilah ini sering disebut sebagai curhat, karena memang jika masalah tersebut dipendam dan tidak diceritakan maka bisa berdampak pada kesehatan mental.

Sebagaimana yang dijelaskan oleh salah satu pakar psikologi dari Universitas Airlangga (Unair), Atika Dian Ariatna, bahwa masalah yang menumpuk menjadi penyebab tingginya rasa jenuh, stres hingga overthinking.

Ini karena kemampuan diri manusia tidak sebanding dengan tekanan yang tengah dialami. Lebih lanjut Atika menjelaskan bahwa dampak kesehatan dan psikis dapat timbul saat seseorang sedang mengalami stres karena menahan cerita.

Beberapa diantaranya berdampak pada daya tahan tubuh, konsentrasi, peningkatan sensitivitas hingga berujung timbulnya rasa sepi dan mudah marah.

Selain itu. Masalah berat yang ada pada pikiran menjadi momok menakutkan bagi seseorang. Tentu yang mengalaminya akan memikirkan jalan keluar dari permasalahan tersebut dan hal itu bukanlah hal yang mudah.

Ketika seseorang curhat maka orang tersebut akan menemukan berbagai perspektif baru dari solusi yang dapat dicoba.

Selain itu, curhat juga membuat kita melihat permasalahan secara objektif. Berbeda dengan seseorang yang memendam, bisa saja pintu solusi akan tertutup karena terpaku pada sudut pandang yang digunakan.

Curhat juga membuat seseorang akan menjadi lega, terlebih setelah bercerita masalah yang telah lama terpendam dapat dikeluarkan dari pikiran.

Segudang manfaat curhat bagi kesehatan mental harus diiringi dengan orang yang akan kita ajak curhat. Usahakan orang tersebut bisa anda percaya, bisa dari pasangan, keluarga, sahabat, atau orang-orang terdekat yang anda percaya. Dengan memilih orang yang tepat membantu anda dalam meredakan masalah yang anda alami.

COMMENTS: (0)

Post You May Like