Star Glam Cirebon :

Cara Mengendalikan Pikiran Agar Kesehatan Mental Tetap Terjaga

#

(FOTO: pexels)

Masalah kesehatan mental pada setiap orang, salah satu yang menjadi sumbernya yakni pada pikiran. Hal ini tak terlepas dari pikiran yang memiliki kendali penuh atas kehidupan kita.

Maka dari itu, penting untuk kita dalam mengendalikan pikiran, karena jika pikiran kita mengalami masalah, baik secara langsung maupun tidak, akan berpengaruh terhadap kesehatan. Dalam hal ini kesehatan mental pun akan terkena dampaknya.

Isu kesehatan mental sendiri sering kita abaikan, beberapa orang kurang peduli masalah kesehatan mental, padahal inilah yang menjadi salah satu sumber penyakit, dan akan berdampak pada kelangsungan hidup.

Apalagi beberapa kasus seperti harus mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri, dan salah satu faktornya yakni stress, depresi, serta permasalahan mental lainnya. Maka untuk mencegah tindakan tersebut, salah satu cara yang harus dilakukan yaitu kendalikan pikiran.

Cara Mengendalikan Pikiran

Lalu bagaimana cara mengendalikan pikiran yang salah satu tujuannya agar kesehatan mental tetap terjaga. Anda harus berfokus pada sesuatu yang bisa kendalikan oleh diri sendiri.

Seringkali seseorang yang mencemaskan apa yang sebenarnya di luar kendalinya, hal ini juga yang membuat tekanan pada diri sendiri karena situasi yang dirasa kurang ideal.

Maka untuk mengatasinya anda bisa berfokus pada hal yang bisa kendalikan. semisal anda dimarahi oleh atasan, apakah ha itu membuat anda sedih? Tentu iya, di sisi lain anda tidak menyalahkan tindakan atau ucapan atasan anda, yang perlu anda ubah dari cara anda memandang situasi tersebut.

Dengan cara apa, anda bisa lihat sisi baiknya, anggaplah hal tersebut bagian dari kritik yang membangun, mengambil sisi positifnya membuat anda termotivasi lagi agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Ini berlaku bagi permasalahan atau situasi lainnya yang sedang anda hadapi, pikirkan apa yang anda pada kendali kita, dan apa yang anda di luar kendali kita, jangan dikhawatirkan secara berlebihan. Kondisi ini tentu akan bisa anda lalui.

COMMENTS: (0)

Post You May Like