Star Glam Cirebon :

Cara Mengatasi Philophobia, Kondisi Fobia Jatuh Cinta

#


Mencintai dan dicintai memang menyenangkan. Tapi, apakah Anda sulit untuk membuka hati hingga takut untuk menjalin kasih? Jika iya, Anda mungkin mengalami philophobia. Kondisi ini terjadi karena memiliki pengalaman yang traumatis, misalnya pernah disakiti oleh pasangan sehingga takut untuk mulai menjalin hubungan lagi.

Penyebabnya beragam, bisa juga terjadi karena trauma di masa kecil atau kejadian buruk di keluarga yang sulit dilupakan. Selain mempengaruhi kondisi kejiwaan bagi yang mengalami, philophobia juga dapat menimbulkan gejala fisik. Seperti sesak nafas, detak jantung berdebar-debar, dan keringat berlebih. Untuk mengatasinya, dapat melakukan beberapa hal berikut!

Belajar dari masa lalu

woman in black and white polka dot dress raising her hands

Jika pemicu fobia Anda karena mengalami kegagalan dalam percintaan, cobalah pelajari kesalahan apa yang dulu seharusnya tidak terjadi. Misalnya, dulu Anda putus karena tidak ada rasa pengertian, Anda dapat mencoba lebih terbuka lagi dan saling mengerti pada pasangan baru. Perbaiki diri Anda secara perlahan, dan maafkan diri sendiri atas kesalahan yang terjadi pada hubungan yang sebelumnya terjalin.

Terapi


Terapi perilaku kognitif dapat dilakukan untuk mengubah pola pikir, reaksi, dan respon seseorang yang tadinya negatif menjadi positif. Sebelum menjalani terapi, biasanya akan dicari terlebih dahulu penyebab utama fobia Anda. Setelah itu dilakukan sesi konseling dengan psikolog untuk mengobati perasaan takut berlebih Anda.

Ubah gaya hidup

person doing yoga on seashore during daytime

Bagi Anda yang kondisi philophobia-nya belum parah, disarankan untuk mengubah gaya hidup. Seperti dengan rutin berolahraga, sering menikmati alam, hingga melakukan relaksasi dengan cara meditasi. Pola hidup yang lebih sehat dapat memunculkan banyak aura positif pada diri. 

COMMENTS: (0)

Post You May Like