Star Glam Cirebon :

Perbedaan Antara Sedih dan Depresi, Lalu Bagaimana Cara Penanganannya ?

#

(FOTO: pexels)

Bagi sebagian orang menganggap bahwa Depresi dan Sedih hampir sama, jika melihat apa perbedaannya, bisa dikenali dari beratnya gejala yang muncul dan seberapa lama gejala tersebut dirasakan.

Perbedaan lain antara sedih dan depresi yaitu dampak terhadap kualitas seseorang. Melihat lebih jauh lagi perbedaan kedua hal ini, ketika perasaan sedih muncul sebagai reaksi normal dan hal itu juga terjadi pada saat seseorang mengalami stres.

Seperti kerabat atau keluarga yang meninggal, baru saja bercerai, atau baru diberhentikan dari pekerjaan. Setelah masa sulit itu sudah dilalui, biasanya perasaan sedih akan hilang dengan sendirinya.

Sedangkan untuk depresi ini bisa berlangsung dalam jangka panjang. Kondisi ini merupakan gangguan mental serius yang mengancam kesehatan baik psikis maupun fisik.

Jika depresi tidak diobat, sangat kecil kemungkinannya untuk bisa sembuh sendiri. Perbedaan kedua ini juga bisa dilihat dari berbagai aspek. Diantaranya faktor pemicu, biasanya dipicu oleh kesulitan hidup, sakit hati, atau peristiwa tidak menyenangkan, seperti kematian orang terdekat atau perceraian. Jadi seseorang yang mengalaminya cenderung sedih karena ada peristiwa atau faktor pemicu yang jelas.

Sementara depresi tidak selalu muncul saat terjadi peristiwa termasuk situasi tertentu. Ini bisa terjadi tanpa ada faktor pemicu yang jelas. Orang depresi cenderung akan mengalami rasa sedih atau terasa hampa setiap waktu, walaupun hal itu tidak ada peristiwa yang menimpanya.

Faktor lainnya bisa dilihat dari apa dampaknya terhadap kualitas hidup. Seseorang yang mengalami perasaan sedih biasanya bersifat sementara dan akan menghilang seiring waktu dan sudah melalui masalah tersebut.

Sedangkan depresi bisa mempengaruhi pikiran, emosi, persepsi, dan perilaku seseorang secara menetap. Depresi tidak dapat hilang dengan sendirinya dan butuh penanganan medis agar tertangani dengan baik.

(FOTO: pexels)

Kondisi depresi juga bisa membuat seseorang merasa kurang berenergi, tidak termotivasi, dan hampa. Perasaan tersebut bisa dirasa cukup berat hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, hubungan sosial dan produktivitas.

Dilansir dari Alodokter, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu meringankan perasaan tersebut. terkait dengan cara mengatasi rasa sedih, tentu setiap orang berbeda-beda, amun hal ini bsia anda coba.

-          Memanjakan diri dengan melakukan perawatan kecantikan di salon kecantikan atau spa, mengonsumsi makanan enak yang disukai, menonton film atau serial komedi, pergi berlibur atau jalan-jalan untuk beberapa hari

-          Rutin berolahraga dan istirahat yang cukup.

-          Melakukan meditasi atau mandi air hangat sebelum tidur, jika rasa sedih menyebabkan sulit tidur

-          Curhat atau menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat, atau bermain dengan binatang peliharaan

Cara tersebut bisa membantu seseorang yang mengalami depresi akan merasa lebih baik. Namun umumnya, depresi tidak akan bisa diatasi tanpa pengobatan yang tepat.

Orang yang mengalami depresi tetap membutuhkan pengobatan yang tepat. Termasuk butuh perawatan khusus dari psikiater, berupa konseling, psikoterapi, dan pemberian obat-obatan antidepresan.

COMMENTS: (0)

Post You May Like