Star Glam Cirebon :

Kabupaten Cirebon Kembangkan 20 Desa Wisata Baru, Masing-masing Memiliki Daya Tariknya

#

(FOTO: instagram/@aboutcirebonid)

Kabupaten Cirebon memiliki potensi yang jika terus dikembangkan menambah nilai ekonomi di wilayah tersebut, salah satunya dari sektor wisata kuliner dan sejarah. Di sektor ini menjadikan daya tarik Kabupaten Cirebon untuk disinggahi wisatawan.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Cirebon Tengah menyiapkan 20 desa wisata, yang akan menjadi destinasi wisata baru. Apalagi menurut Kepala Bidang destinasi dan industri pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Cirebon, Yayan Suratman. Mengatakan bahwa destinasi wisata di Cirebon relatif masih sedikit.

"Wisatawan yang datang ke Kabupaten Cirebon kebanyakan hanya berwisata kuliner, dan sejarah. Hal ini dikarenakan destinasi wisata di Kabupaten Cirebon memang sangat sedikit," Kata Yayan Suratman.

Pihaknya, telah menyepakati 20 desa di Kabupaten Cirebon untuk dijadikan desa wisata dengan berbagai daya tarik, mulai dari wisata alam, buatan, budaya dan sejarah. "Ada 20 desa yang sudah kami sepakati menjadi desa wisata," Tutur Yayan.

Lebih lanjut, saat ini baru satu desa wisata yang berada di Kabupaten Cirebon, yakni Desa Gegesik Kulon, Desa ini sudah masuk penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif.

Yayan menambahkan untuk 20 desa wisata baru yang dibentuk oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Cirebon, nantinya akan memiliki daya tarik masing-masing. 

Ia mencontohkan seperti Desa Belawa yang berada di kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon. Di desa ini terdapat kura-kura Belawa yang tidak ada di daerah lain.

Selain itu terdapat desa yang menyuguhkan wisata alam terutama mangrove seperti di Desa pengarengan, Mundu pesisir, dan juga Desa Ambulu.

Pihaknya mewakili Pemkab Cirebon berharap dengan adanya desa wisata akan bisa memperbanyak destinasi wisata di Kabupaten Cirebon yang bisa dikunjungi oleh wisatawan serta menarik perhatian bagi para pengunjung agar para pengunjung bisa lebih betah di Cirebon.

COMMENTS: (0)

Post You May Like