Star Glam Cirebon :

KPLH Mutiara Asri Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Membangun Green House

#

(FOTO: Pemda Kota Cirebon)

Ada salah satu program menarik, program ini Tengah dikembangkan dan berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat. Kawasan Kampung Pangan Lestari dan Hijau (KPLH) Mutiara Asri RW 15, Permata Harjamukti, Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon menjadi wilayah panen perdana sayuran dari program green house.

Program ini mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon, maka fokusnya yaitu melakukan pengembangan program print out agar bisa menambah ketersediaan kebutuhan pangan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Ini menjadi langkah awal KPLH Mutiara Asri mengembangkan program green house," kata Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati, Mengutip dari laman resmi Pemda Kota Cirebon, Jumat (15/7/2022)

Eti menjelaskan bahwa KPLH merupakan program dari Kementerian Pertanian. Di Kota Cirebon sendiri terdapat 13 titik KPLH, dan sebagian besar KPLH tersebut sudah panen Perdana. "KPLH mengembangkan tanaman hortikultura dengan memanfaatkan lahan seadanya," Katanya.

Dalam kesempatannya Eti membelikan apresiasi kepada KPLH Mutiara Asri, menurutnya wilayah tersebut berhasil memanfaatkan ruang terbuka untuk green house. Maka terdapat sebuah potensi mulai dari kualitas hasil panen yang nantinya bisa bersaing di pasaran.

"Asal kualitas terjaga, kami akan dorong hasil dari panen sayuran di KPLH Mutiara Asri bisa masuk ke supermarket," Tutur Eti.

Dalam panen perdana tersebut hadir juga Kepala Dinas ketahanan pangan pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon, Yati Rohayati, dalam keterangannya bahwa KLPH merupakan program pemberdayaan masyarakat yang memanfaatkan lahan seadanya untuk produksi Tanaman hortikultura.

"Ada berbagai tanaman pertanian di greenhouse KPLH. Seperti pokcay, bayam dan kangkung," kata Yati.

Yati berharap, hasil dari greenhouse jadi peluang usaha bagi masyarakat. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian. "Hasilnya bisa dijual oleh masyarakat. Bisa jadi penghasilan tambahan," katanya.

COMMENTS: (0)

Post You May Like