Star Glam Cirebon :

Ketahui Penyebab Sakit Pundak Sekaligus Cara Mangatasinya

#

(FOTO: pexels)

Sakit pundak dapat terjadi akibat cedera yang dialami, ini berisiko terhadap siapapun terutama yang melakukan aktivitas dengan mengandalkan bagian pundak, seperti mengangkat beban berat, olahraga terlalu intens, juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu.

Terkait dengan cedera atau robek pada otot, bagian tendon pundak. Dimana di sekeliling pundak terdapat kumpulan otot dan tendon yang disebut rotator cuff. Otot dari tendon pada bau ini bertugas untuk menjaga posisi sendi bahu dan memungkinkan pergerakan lenga ke atas dan melingkar.

Sakit pundak yang disebabkan cedera otot bisa membuat orang tersebut sulit dan bahkan tidak dapat mengangkat atau memutar lengan. Hal ini diakibatkan karena rasa sakit maupun nyeri akibat cedera, dan biasanya akan sangat terasa lebih berat pada malam hari.

Lalu ada juga pundak kaku atau disebut dengan frozen shoulder, kondisi yang disebabkan oleh peradangan pada jaringan yang menempel erat di sekitar sendi pundak. Ketika pundak terasa kaku dan sakit saat digerakkan, hal ini bisa membuat anda kesulitan menjalani berbagai aktivitas. Maka sebaiknya obati segera, karena jika tidak pundak kaku dapat bertahan hingga bertahun-tahun.

Kondisi lainnya ada yang disebut dengan Bursitis ini terjadi jika terlalu sering menggerakkan pundak secara berlebihan. Lalu ada yang disebut dengan tendinitis. Tendon sendiri merupakan jaringan yang menghubungkan otot dengan tulang peradangan pada tendon dapat terjadi akibat bahu yang terlalu banyak digerakkan dan faktor lainnya yaitu penuaan.

(FOTO: pexels)

Cara mengobati atau mengatasi sakit pundak

Terkait dengan Penanganannya perlu disesuaikan dengan penyebab dan tingkat keparahannya. Apakah anda perlu menjalani pemeriksaan ke dokter spesialis ortopedi agar lebih tahu apa penyebab pasti sakit pundak yang Anda rasakan.

Jika sudah diketahui biasanya dokter akan memberikan beberapa langkah penanganan untuk mengatasinya sa nyeri pundak tersebut diantaranya:

-          Pemberian obat-obatan 

-          Operasi

-          Fisioterapi

Untuk jangka waktunya sendiri tergantung dengan tingkat keparahannya, jika sakit pundak ringan, Anda bisa beristirahat selama beberapa hari, membatasi pergerakan balok, dan lakukan kompres dengan kantong es atau es yang dibungkus kain selama 15 sampai 20 menit sebanyak 3 kali sehari.

COMMENTS: (0)

Post You May Like