Star Glam Cirebon :

Jelang Idul Adha Pemkot Cirebon Antisipasi PMK, Berikut Upaya Yang Dilakukan

#

(FOTO: Pemda Kota Cirebon)

Sebagai langkah antisipasi dengan maraknya wabah PMK yang menjangkit ke beberapa terak hewan khususnya di Kota Cirebon. Dalam hal ini Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Cirebon melakukan sosialisasi pelaksanaan kurban.

Bertempat di Hotel Santika, acara yang berlangsung pada hari Kamis (23/6/2022) diikuti oleh beberapa peserta yang terdiri dari panitia kurban mulai dari tingkat RT/RW hingga tingkat kecamatan.

Adapun perwakilan Pemkot Cirebon yaitu dihadiri langsung oleh Wakil Walikota Cirebon, Eti Herawati dalam kesempatannya, Eti menyampaikan bahwa sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya antisipasi penyebaran PMK pada hewan ternak di Kota Cirebon.

Mengingat Hari Raya Idul Adha akan tiba dalam beberapa minggu kedepan, maka perlu adanya langkah-langkah pencegahan, apalagi PMK sudah menyerang di berbagai daerah termasuk Kota Cirebon.

Pemkot Cirebon menimbau kepada para panitia kurban untuk menerapkan protokol pencegahan PMK dan sosialisasi secara masif kepada masyarakat. Begitupun berlaku bagi pelaku usaha hewan kurban, mereka juga perlu mengantisipasi penyebaran PMK sesuai SOP yang telah ditetapkan pemerintah.

(FOTO: Pemda Kota Cirebon)

"Melalui sosialisasi ini panitia kurban dan masyarakat mendapatkan informasi yang jelas, serta pelaku usaha juga tidak rugi karena wabah PMK," Kata Eti.

Eti berharap untuk para petugas kesehatan hewan agar dapat lebih meningkatkan pengawasan. Terutama masuknya hewan ternak dari daerah lain. Setiap elemen terkait juga perlu meningkatkan koordinasi agar pencegahan berjalan baik.

"Petugas harus rutin turun langsung mengawasi hewan kurban, terutama sapi. Apabila ada yang terinfeksi, segera lakukan koordinasi lebih lanjut untuk penanganan," Tutur Eti.

Setelah dilakukan pemeriksaan, sapi kurban yang dinyatakan sehat akan di beri label oleh DKPP, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir saat nantinya akan membeli hewan kurban di Kota Cirebon.

COMMENTS: (0)

Post You May Like