Star Glam Cirebon :

Bahaya Konsumsi Protein Berlebihan, Tidak Cocok Untuk Menurunkan Berat Badan

#

(FOTO: pexels)

Agar tubuh kita sehat dan selalu bugar maka hal yang harus diperhatikan adalah dengan menjaga Asupan nutrisi serta makanan yang mengandung protein.

Jika anda sedang dalam program diet, makanan yang mempunyai tinggi protein serta rendah karbohidrat merupakan cara yang disarankan pakar gizi untuk menurunkan berat badan, dengan konsumsi protein juga bisa membantu dalam membentuk otot saat olahraga.

Untuk Protein sendiri memang sangat penting dalam diet terutama bagi mereka yang olahraga secara rutin, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein diperlukan waktu yang cukup lama di cerna oleh tubuh kita, sehingga nantinya perut terasa kenyang lebih lama.

Namun dengan adanya tren kesehatan untuk memperbanyak protein dari makanan alami maupun suplemen tambahan seperti bubuk protein atau protein bar, makro nutrien yang seharusnya menyehatkan tubuh, justru bisa menimbulkan efek negatif jika dikonsumsi secara berlebihan.

Menurut salah satu ahli nutrisi, yaitu Amanda Hamilton, merekomendasikan protein yang harus dipenuhi yaitu 15 [persen dari total kebutuhan kalori per hari. Sementara jika ingin menurunkan berat badan juga membentuk otot, anda bisa menambah konsumsi protein 25-30 persen.

(FOTO: pexels)

Bagi atlet yang memiliki durasi olahraga lebih lama dan intensitas lebih tinggi biasanya akan disarankan untuk mengonsumsi protein lebih banyak lagi. Karena setelah olahraga, tubuh membutuhkan Asupan nutrisi agar kembali pulih dengan cepat.

Namun jika anda dalam beraktivitas, atau rutinitas yang tidak terlalu berat, maka konsumsi protein harus secukupnya. Dengan catatan tidak lebih dari 2 gram per kg berat tubuh. Karena jika mengonsumsi protein secara berlebihan bisa meningkatkan risiko kerusakan ginjal.

Perlu diingat bahwa konsumsi yang berlebihan hasilnya tidak pernah baik, maka anda harus menjaga pola makan serta Asupan gizi harian anda dengan secukupnya atau sesuai kebutuhan tubuh anda.

COMMENTS: (0)

Post You May Like