Star Glam Cirebon :

Sejarah Singkat Asal Usul Nama Kota Cirebon

#

Kota Cirebon atau yang dikenal dengan “ kota udang “ adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat. Pada awalnya Cirebon adalah sebuah dukuh alang-alang yang di bangun oleh Ki Gedeng Tapa dan berkembang menjadi sebuah desa yang kemudian diberi nama Caruban (campuran). 

Dinamakan Caruban karena di sana ada percampuran para pendatang dari berbagai suku bangsa, bahasa, adat istiadat, latar belakang dan mata pencaharian yang berbeda. Pelafalan kata caruban berubah menjadi carbon dan kemudian cerbon. Selain karena faktor penamaan tempat, penyebutan kata cirebon juga tak lepas dari mata pencaharian masyarakatnya yang dimana sejak awal adalah nelayan. 

Kota Cirebon Semakin lama semakin ramai karena banyak dikunjungi dan dihuni oleh berbagai suku bangsa untuk bertani dan berdagang. Kemudian berkembanglah pekerjaan lainya, seperti menangkap ikan dan rebon (udang kecil) di sepanjang pantai pun digunakan untuk pembuatan terasi. 

Air bekas pembuatan terasi inilah ternyata yang akhirnya menciptakan nama “Cirebon” yang berasal dari Cai (air) dan Rebon (udang rebon) yang berkembang menjadi Cirebon yang kita kenal sekarang. 

COMMENTS: (0)

Post You May Like