Star Glam Cirebon :

Alami Stres Akibat Terkena PHK, Cara Ini Bisa Anda Lakukan Agar Tidak Mengarah Pada Depresi

#

(FOTO: Andrea Piacquadio/Pexels)

Dampak dari pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap berbagai sektor, selain kesehatan, ekonomi juga terkena imbas yang besar. Hal ini juga menciptakan dampak negatif di tengah masyarakat, dimana banyak orang-orang yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).

Terkena PHK tentu bukan sesuatu yang diinginkan akan tetapi kondisi ini bisa terjadi jika perusahaan atau tempat bekerja terpaksa tutup dan merugi. Bisa jadi dengan pengurangan karyawan artinya ada yang dikorbankan atau perusahaan tutup karena tidak sanggup lagi membayar para pegawainya.

Ketika seseorang kehilangan pekerjaan, tentunya akan rentan mengalami stres, dan hal ini tidak bisa dianggap stress karena jika berlarut-larut dan belum tertangani dengan baik akan menjadi lebih parah. Salah satunya yang dikhawatirkan adalah depresi.

Orang yang mengalami stres juga mengarah pada gangguan psikologis atau kesehatan mental, maka berhenti atau merenung termasuk memikirkannya bukan hal yang tepat, anda harus segera bangkit dan bisa memulai perjalanan baru pasca terkena PHK.

Namun hal ini juga bukanlah soal yang mudah, dengan kondisi yang membuat anda merasakan berbagai emosi negatif, seperti sedih, kecewa, hingga merasa tidak berdaya dalam hidup.

Hal itu sangatlah wajar jika anda alami, namun jangan biarkan hal tersebut membuat ana semakin terpuruk, jika dibiarkan berlarut-larut kondisi kesehatan anda akan memburuk.

Maka agar bisa bangkit dari masa sulit. Saatnya bergerak dan lakukan berbagai cara, paling tidak anda mengisi berbagai kegiatan yang positif.

(FOTO: Andrea Piacquadio/Pexels)

Yang pertama anda bisa atur keuangan, karena masalah keuangan bisa menjadi salah satu faktor yang membuat anda stres, jadi anda perlu membuat anggaran keuangan yang baru, hal ini harus disesuaikan karena pendapatan anda tengah berkurang. Maka kurangi berbagai pengeluaran yang tidak penting, seperti belanja online, atau jajan makanan mahal.

Selain itu, anda bisa jadwalkan waktu untuk mencari pekerjaan baru. Pasca PHK apa yang ada dalam benak anda yaitu ingin segera mendapatkan pekerjaan yang baru, namun untuk mencari pekerjaan yang baru jangan dilakukan secara berlebihan karena hal itu bisa membuat anda menjadi lebih stres.

Banda bisa jadwalkan waktu, misalnya 3 jam dalam sehari dan selain mencari peluang pekerjaan baru, penting juga untuk memperbarui resume atau CV, termasuk membuat surat lamaran pekerjaan baru.

Kemudian ini tak kalah penting untuk dilakukan yaitu jaga komunikasi dengan orang-orang terdekat. Apalagi jika kondisi yang terkena PHK bukan hanya anda saja, terdapat rekan anda lainnya yang mengalami hal yang sama dengan anda. lakukan interaksi dan saling berdiskusi berbagai informasi kedepannya tentu akan sangat penting untuk anda.

COMMENTS: (0)

Post You May Like