Star Glam Cirebon :

Alami Bibir Pecah-pecah, Ketahui Apa Saja Penyebabnya, dan Cara Untuk Mengatasinya

#

(Ilustrasi bibir pecah/Pexels)

Hampir semua orang baik pria maupun wanita pernah mengalami bibir pecah-pecah, ini merupakan kondisi yang wajar, dan masih bisa diatasi.

Memang kondisi bibir pecah-pecah membuat rasa tidak nyaman, apalagi sangat rentan berdarah menyebabkan luka. Maka dari itu termasuk hal yang penting juga untuk anda menjaga bibir anda.

Berbeda dengan bagian tubuh lainnya, bibir merupakan bagian tubuh yang unik, dalam hal ini bibir tidak memiliki kelenjar minyak untuk menjaga kelembapannya. jadi paparan sinar matahari termasuk yang bisa membuat bibir menjadi kering.

Sampai saat ini, banyak orang yang beranggapan kondisi bibir pecah-pecah hanya terjadi saat musim panas atau kemarau saja. Namun kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, sekalipun saat udara atau cuaca dingin masih ada kemungkinan bibir terasa pecah-pecah.

Kemudian ada juga beberapa kondisi medis tertentu yang tentunya bisa menyebabkan bibir pecah-pecah, bisa disebabkan karena kurang gizi, iritasi, dan efek samping obat-obatan.

Kondisi bibir pecah-pecah bisa semakin memburuk bila tidak dirawat dengan baik, adapun beberapa gejala pecah-pecah yang dapat muncul, yaitu:

-          Bibir terasa kering, bahkan sampai mengelupas

-          Muncul sisik pada bibir

-          Terdapat luka

-          Bengkak

-          Berdarah


(Ilustrasi bibir pecah/Pexels)

Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Kondisi bibir pecah masih dapat diatasi jadi anda tak perlu khawatir jika mengalaminya, anda bisa lakukan berbagai cara, yang juga mudah dilakukan, salah satunya yakni kurangi kebiasaan menjilat bibir. Walaupun tujuannya untuk membasahi dan mengatasi bibi kering, namun pada kenyataannya, menjilat bibir justru bisa menyebabkan bibir gatal dan malah memperburuk kondisi bibir pecah-pecah.

1.       Gunakan pelindung bibir

Penggunaan pelembab bibir atau lip balm juga dapat mencegah kondisi bibir pecah-pecah, terutama saat menjalan aktivitas di bawah sinar matahari. Anda bisa mencoba pelembap bibir alami, seperti madu, minyak kelapa, lidah buaya, dan minyak zaitun.

2.       Hindari Hal Yang Memunculkan Alergi

Kondisi bibir pecah bisa diakibatkan karena reaksi alergi pada tubuh ketika terdapat suatu zat. Jadi sebisa mungkin hindari yang memicu alergi apalagi harus kontak langsung dengan bahan-bahan yang membuat anda alergi.

3.       Cukupi Asupan cairan tubuh

Kurangnya cairan pada tubuh akan menyebabkan juga bibir menjadi pecah-pecah. Sehingga penting untuk selalu menjaga Asupan cairan dengan minum air putih secukupnya, idealnya anda harus minum 8 gelas berukuran 230 ml setiap harinya, atau 2 liter.

4.       Perhatikan saat konsumsi obat-obatan tertentu

Beberapa obat dapat menimbulkan efek samping yang salah satunya bibir pecah-pecah. Obat-obat tersebut yaitu obat pereda nyeri, antihistamin, dan obat jerawat. Jadi sebaiknya anda konsultasikan ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui efek samping obat-obatan tersebut.

COMMENTS: (0)

Post You May Like